11/06/12

Mengatasi Hidung meler

Hidung meler memang menjengkelkan. Namun kalau anda jeli gejala hidung meler ini mengidikasikan berbagai hal tentang tubuh anda. Seseorang yang sering terkena hidung meler berarti memiliki daya tahan tubuh yang rendah alias rentan terhadap virus. Hidung meler disebabkan oleh virus dan kebanyakan berakibat pada flu maupun sesak nafas. Namun anda jangan hawatir, hidung meler sebenenarnya masih bisa di atasi.

Akan tetapi anda harus memahami jika hidung meler itu terjadi berkali-kali, tidak sekali-kali bahkan sering, maka sebaiknya anda periksakan ke dokter. Saya hawatir anda termasuk yang terkena polip. Ciri-ciri kena polip ini adalah hidung kita sering sensitif, dikit-dikit meler atau terganggunya proses penciuman hidung kita. Anda harus segera ke dokter jika gejala polip ini ada pada anda. Anda harus berhati-hati, jangan sepele dengan yang namanya pilek alias hidung meler ini.
Lalu bagaimana mengatasi hidung meler ini ? berikut saya sajikan cara cerdas mengatasi hidup meler, berikut tipsnya :

1. Anda harus menjauhkan dari faktor-faktor penyebab meler atau polip ini. Misalnya menghindari tempat yang membuat anda alergi.
2. Buatlah tubuh anda tetap hangat. Misalnya dengan bergerak-gerak atau olah raga sedikit. Karena pilek sangat tergantung kondisi suhu.
3. Hindari ac yang berlebihan. Jika anda masuk ke ruangan ber-AC dengan kadar yang normal dan anda meler berarti daya tahan tubuh anda tidak baik alias rentan terhadap penyakit. Bisa saya tebak anda tidak pernah olah raga dalam seminggu.
4. Jangan mengusap hidup anda dengan tisu. Tapi basuh hidung meler anda dengan air hangat.
5. Saya sarankan anda makan-makanan yang pedas.
6. Anda harus banyak minum dan air hangat kuku.
7. Buatlah tubuh anda berkeringat.
8. Sering-seringlah cuci tangan anda.

Cara diatas mudah-mudahan membantu anda yang sedang dilanda meler yang parah. Hidung meler adalah proses dimana tubuh kita memiliki daya tahan yang rendah dan rentan terhadap penyakit. Saya sarankan anda juga dapat bergurah guna mengeluarkan lendir yang mengalir.
Demam adalah suatu gejala dimana suhu tubuh meningkat di atas normal. Demam sendiri bukan merupakan penyakit, tetapi aktifitas tubuh dalam melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.
Beberapa jenis tanaman yang berkhasiat untuk meredakan demam antara lain:




1. Brotowali (Batang)
  • Ambil 2 jari batang brotowali
  • Rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa menjadi 1 gelas
  • Tambahkan madu secukupnya
  • Minum setengah gelas air rebusan
  • Lakukan 2 kali sehari
2. Jeruk Nipis (Daun)
  • Petik 2 -4 genggam daun jeruk nipis, cuci bersih
  • Rebus dengan 2-4 gelas air
  • Gunakan air rebusan ini untuk mengompres
  • Gunakan kain yang menyerap air, kompres pada dahi penderita
3. Kumis Kucing (Akar)
  • Siapkan 100 gr akar kumis kucing, cuci bersih
  • Rebus dengan 2000 cc air
  • Tunggu sampai mendidih
  • Dinginkan, saring dan ambil airnya
  • Minum segelas sehari
4. Daun Pepaya(Daun)
  • Petik daun pepaya yang muda
  • Tumbuk daun hingga menjadi setengah gelas
  • Tambahkan 3/4 gelas air dan sedikit garam
  • Peras campuran tadi lalu saring
  • Minum ramuan 3 kali sehari dengan dsis yang sama
  • Lakukan selama 5 hari berturut-turut
5. Sambiloto (Daun)
  • Pilih daun sambilto segar
  • Tempelkan ke Badan (punggung, leher, dada) dan dahi penderita
Apel memang menjadi sebuah ikon tersendiri bagi salah satu daerah di negara kita di jawa timur tepatnya di malang. Di Malang banyak sekali petani apel yang banyak sekali membudidayakan dan menghasilkan apel ber ton-ton setiap harinya. Dengan keadaan tanah bumi pertiwi yang cukup subur, membuat apel banyak di budidayakan di daerah pegunungan yang mempunyai hawa yang dingin. Di malang, banyak sekali ditanami apel-apel di perkebunan. Apel jugamerupakan salah satu buah yang sangat banyak di sukai oleh berbagia kalangan di Indonesia, rasanya ada yang manis dan asam membuat buah ini banyak di gemari oelh berbagai orang dari anak kecil sampai dewasa. Nah, ternyata apel jugabisa dijadikan obat tradisional lho. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari buah apel yang sering kita konsumsi sehari-hari
Pencernaan: Buah Apel yang kaya serat membantu dalam pencernaan
Anemia: Buah Apel berguna dalam treting anemia karena kaya dalam apel
Kelemahan: Buah Apel dikenal untuk menghilangkan kelemahan dan menambah kekuatan dan vitalitas orang-orang lemah
Perawatan Gigi: Makan apel membantu dalam membersihkan gigi dan gusi. Ini mengurangi kejadian gigi berlubang pada gigi
Penyakit Jantung: Buah Apple menurunkan tingkat kolesterol dan karena itu bermanfaat bagi jantung.

Semoga beberapa informasi tersebut bisabermanfaat untuk anda.
Sariawan (atau di sebut juga stomatitis) adalah radang yang menyerang bagian mulut, bisa di rongga mulut, bibir bagian dalam, lidah, gusi dan langit-langit mulut. Sariawan tidak termasuk penyakit berbahaya, akan tetapi sangat mengganggu. Karena selain perih, juga bisa terasa sangat sakit.

Di bawah ini akan kita sampaikan berbagai faktor penyebab sariawan berikut obat alami / obat herbal dan non herbal untuk mengobatinya.


Beberapa faktor yang umum menyebabkan sariawan antara lain adalah:
  • Kebersihan mulut yang buruk
  • Luka pada mulut, bisa di sebabkan oleh minuman atau makanan yang terlalu panas, gorengan yang di goreng dengan minyak yang sudah tidak bagus.
  • Kekurangan vitamin C
  • Kondisi tubuh yang kurang fit, adanya alergi, infeksi dan lain-lain
Beberapa obat sariawan alami / obat tradisional untuk sariawan yang sering digunakan antara lain:
  • Minum air rebusan daun saga atau alang-alang
  • Berkumur-kumur dengan air gerusan kunyit
  • Minum air rebusan daun jambu biji. Satu genggam daun jambu biji segar ditambah satu ruas jari batang kulit jambu di rebus dalam 1 liter air mendidih. Air saringan nya diminum 2x sehari
  • Minum air kelapa hijau yang masih muda
  • Minum air madu asli, oleskan madu asli tersebut pada luka sariawannya
  • Daun sirih, ambil dua lembar daun sirih yang segar, cuci bersih lalu kunyah hingga lumat. Diamkan pada bagian luka beberapa saat.
Selain pengobatan tradisional seperti di atas, beberapa obat non herba yang sudah terkenal antara lain:
  • FG Trochees, bentuk dan cara makan mirip permen
  • Albothyl, yang dioleskan secara langsung pada bagian luka. Obat ini sangat perih, sehingga banyak orang yang menghindarinya
  • Berkumur-kumur dengan obat kumur/mouthwash. Ada mouthwash yang mengandung daun sirih.
  • Minum larutan penyegar
  • Memperbanyak konsumsi buah dan minum air putih
05/06/12

sakit tenggorokan

Sebagian besar penyebab sakit tenggorokan adalah virus, bukan bakteri yang bisa dilenyapkan dengan antibiotik. Jadi pada dasarnya, perawatan untuk melegakan tenggorokan bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa obat.
Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di antaranya:
1. Istirahat cukup dan minum banyak cairan.
2. Berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan garam (1 sendok teh garam per 1 gelas air)
3. Hisaplah pastiles

4. Hisaplah makanan beku seperti es loli


Untuk menyembuhkan rasa sakit, kompreslah tenggorokan Anda dengan kain yang telah direndam dalam air hangat. Anda juga bisa mencoba campuran hangat chamomile: campurkan 1 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam 1 atau 2 gelas air mendidih, biarkan selama 5 menit. Masukkan kain atau handuk bersih ke dalam teh, peras airnya, kemudian letakkan ke tenggorokan Anda. Angkat kain kalau sudah dingin dan ulangi sampai Anda merasa lebih baik.

Plester garam juga bisa membantu mengurangi rasa sakit. Campurkan 2 cangkir garam laut ke dalam 5 atau 6 sendok makan air hangat-hangat kuku. Garamnya seharusnya lembab tetapi tidak terlalu basah. Letakkan garam di tengah lap piring, kemudian gulunglah lap dan tutupkan ke sekitar leher. Tutuplah dengan kain kering atau lap piring kering lainnya. Biarkan sampai Anda merasa nyaman.

Cobalah menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Alirkan air panas dalam tempat berendam Anda, kemudian letakkan handuk di sekitar kepala Anda untuk menghambat uap, bersandarlah ke tempat berendam sambil tetap mengalirkan air panas. Tarik napas dalam-dalam melalui mulut dan hidung selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali dalam satu hari.
Sakit kepala bisa datang kapan saja dan beragam pula penyebabnya. Obat sakit kepala yang paling banyak digunakan adalah aspirin dan ibuprofen.
Bagi yang lebih suka menggunakan obat alami, bisa mencoba kiat-kiat ini untuk mengatasi sakit kepala.





  1. Tambahkan jus lemon ke dalam segelas air putih atau teh untuk meredakan sakit kepala. Aromaterapi dari kulit jeruk yang dilumatkan kemudian ditempelkan di dahi atau pelipis juga bisa mengatasi sakit kepala.
  2. Teh mint atau air peppermint cukup untuk membantu mengatasi sakit kepala.
  3. Minum air. Terkadang sakit kepala datang sebagai gejala dehidrasi. Minum banyak air putih untuk mencukupi kebutuhan tubuh, bisa meredakan sakit kepala ini. Pilih air biasa atau hangat saja karena air es malah bisa menambah sakit kepala.
  4. Sakit kepala bisa dipicu oleh kurangnya vitamin maupun alergi makanan tertentu. Pola makan yang baik dan mengenali makanan apa saja yang membuat Anda sakit kepala dapat menghindarkan diri dari gangguan tersebut.
  5. Melakukan pernapasan dalam dan menghirup udara segar dapat meredakan sakit kepala.
  6. Kurang tidur bisa juga menyebabkan sakit kepala. Apalagi jika seharian Anda bekerja yang membuat mata tegang, mudah memicu sakit kepala. Jadi cobalah istirahat sejenak.
  7. Bagi Anda yang gemar minum kopi, teh, atau soda, bisa mengalami sakit kepala akibat kandungan kafein di dalamnya. Boleh saja tetap mengonsumsi minuman kegemaran itu, tetapi pilihlah yang jenis decaf.
  8. Sakit kepala mudah terjadi akibat ketegangan atau stres. Jika ini yang Anda alami, biarkan tubuh rileks. Bisa dengan melakukan pemijatan di tengkuk, bahu, pelipis, atau tangan
Kunyit mempunyai akar serabut. Selain itu, kunyit juga mempunyai rimpang yang berwarna kuning.
Rimpang inilah yang sering digunakan untuk bumbu memasak. Jika rimpang dipotong atau dibelah, maka rimpang tersebut akan terlihat kuning yang bisa melekat di tangan.
Selain untuk masak, kunyit juga mempunyai khasiat untuk ramuan herbal.

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat mudah didapatkan. Kunyit biasa digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Kunyit atau juga disebut kunir adalah tanaman asli Asia Tenggara.

Selain untuk masak, kunyit juga mempunyai khasiat untuk ramuan herbal.

Diantaranya adalah : mengobati diabetes mellitus, tifus, keputihan, melancarkan peredaran darah, menghilangkan flek di wajah, mengatasi pilek, gangguan haid, radang kulit, rematik, demam, sakit kuning, hepatitis, hipertensi, diare, disentri, dan gangguan pencernaan.

Selain itu, kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi radang, berfungsi sebagai analgesik, karminatif, peluruh haid, serta dapat dipakai sebagai obat luar untuk merawat kulit (astringen).
 Dengan resep obat herbal bahan-bahan alami yang mujarab bisa menyembuhkan gusi bengkak atau gigi berlubang dengan cepat. Obat kimia tentu memberikan efek yang kurang baik jika terus dikonsumsi setiap kali sakit gigi.



Berikut adalah ketujuh resep nenek moyang yang ampuh mengobati sakit gigi:

  1. Minyak Cengkeh
    Untuk meredakan sakit gigi, oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan. Cengkeh dinyatakan efektif meredakan sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga mengurangi infeksi karena mengandung properti antiseptik.
  2. Bawang putih
    Banyak yang berpendapat bawang putih adalah yang paling efektif menghilangkan sakit gigi dibanding obat tradisional lainnya. Tak hanya itu, gigi yang telah disembuhkan juga akan semakin kuat dan sehat. Caranya, haluskan satu siung bawang putih dicampurkan dengan sedikit garam kasar kemudian tempatkan di area yang sakit.
  3. Jeruk limau
    Gigi berlubang, gigi tanggal, pembentukan plak gigi, sakit gigi, dan pendarahan gusi bisa dicegah dengan jeruk limau. Jeruk limau, sebagai sumber yang kaya vitamin C, sangat bermanfaat dalam mempertahankan kesehatan gigi dan tulang di bagian tubuh lainnya.
  4. Avokad
    Keringkan/sangrai 1 biji avokad, lalu haluskan sampai menjadi bubuk. Setelah itu masukkan bubuk biji avokad ke gigi yang berlubang, kemudian tutup dengan kapas.
  5. Bawang merah
    Komponen anti bakteri dikandung dalam bawang merah. Gigi bisa terlindung dari berbagai gangguan dengan mengunyah satu bawang merah setiap hari. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut. Pada area gigi atau gusi yang sakit, tempatkan sepotong kecil bawang merah. Ini bisa meredakan sakitnya.
  6. Tepung lada
    Jagalah kebersihan gigi dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.
  7. Cabai Hijau
    Tempelkan pada gigi yang sakit cabai hijau secukupnya yang dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara teratur 2 kali sehari.
Disamping ke 7 obat traditional diatas, ada tips menarik untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi anda, yaitu dengan menggunakan Es balok, Es balok siap membantu meringankan sakit gigi Anda. Ah yang benar? bagaimana bisa hilang jika dinginnya saja membuat Anda ngilu? Ikuti triknya di sini, ambil sepotong kecil es balik dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat perlahan di bagian tersebut, nah kini bisa Anda rasakan perlahan rasa sakit itu mulai hilangkan?

Pemijatan nyaman oleh si es balok menyentuh sel-sel syaraf yang terdapat di sekitar ibu jari dan telunjuk. Pemijatan yang dilakukan si es balok langsung ke pusat syaraf, sehingga 60 - 90% rasa sakit yang Anda rasakan cepat menghilang. Lebih aman daripada pereda sakit kan?
Makanan yang halal adalah makanan yang diperbolehkan oleh syariat untuk kita konsumsi. Makanan yang halal juga makanan yang diperoleh dengan cara yang baik dan halal pula. Bekerja mencari sesuap nasi dan karunia rezeki merupakan kewajiban tiap insan dalam kehidupan di dunia.

Sayangnya, tidak setiap orang meyakini bahwa jatah rezekinya di dunia ini telah disediakan oleh Allah. Akibatnya, karena gelap mata, ia melakukan segala cara untuk memperoleh beberapa lembar rupiah lewat cara yang tak terpuji seperti mencuri, merampok, melakukan korupsi, dan sebagainya.

Padahal, telah jelas larangan dalam Al-Qur`an perihal mengonsumsi makanan yang diperoleh dengan cara illegal dan tak bertanggungjawab seperti di atas. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu.” (Qs. An-Nisa` : 29).

Ketika seseorang memasukkan makanan dari jalan yang haram, masuk ke dalam aliran darah, lalu menjadi daging, maka potensi berbuat kebaikan menjadi meredup, semangat berbuat kebajikan menjadi susut, memiliki kans besar menjadi penghuni neraka, dan kelak ia akan menghadapi persidangan hisab dengan sangat berat. Ibnu Ruslan dalam kitab Zubad-nya mengatakan yang artinya: “Ketaatan yang bersumber dari makanan yang haram seperti sebuah bangunan yang dibangun di atas ombak.”

Sebaliknya, manakala seseorang menjaga mutu dan kualitas makanan yang akan ia konsumsi, mengetatkan perhatiannya dalam hal apa yang boleh dan tidak masuk ke dalam perutnya dan keluarga yang menjadi tanggungannya, ia akan memperoleh manfaat buah dari ikhtiyarnya menjaga makanan dan minuman yang masuk.

Setidaknya, ada lima buah manfaat dalam makan makanan yang halal. Pertama, seseorang yang mengonsumsi makanan halal akan mudah bangkit guna melakukan ketaatan dan ibadah. Disebutkan dalam sebuah atsar yang berbunyi, “Barangsiapa yang memakan makanan yang halal, anggota tubuhnya akan mudah melakukan ketaatan dalam keadaan suka atau tidak suka. Dan barangsiapa yang memakan makanan yang haram, suka atau tidak anggota tubuhnya akan melakukan kemaksiatan.”

Ketaatan maupun kemaksiatan berbanding lurus dengan makanan dan minuman. Hasilnya terlihat jelas. Memakan makanan yang halal, diperoleh dengan jalan yang halal, menjadikan ketaatan mudah dilakasanakan. Berbeda dengan itu, memasukkan makanan yang haram, membuat tubuh sangat mudah pula menyimpang dari jalan kebenaran.

Habib Abdullah bin Husain bin Thahir pernah mengatakan, “Memakan makanan yang halal adalah sumber kebaikan yang besar. Dampak suatu ibadah tidak dapat muncul kecuali jika asupan makanannya adalah baik dan tidak bercampur dengan syubhat.”

Kedua, doa orang yang mengonsumsi makanan yang halal mudah dikabulkan oleh Allah. Dalam suatu kesempatan, Sa`ad bin Abi Waqqash meminta kepada Rasulullah SAW agar berdoa kepada Allah, minta dijadikan sebagai orang yang doanya mudah dikabulkan oleh-Nya. Lalu, Rasul SAW berkata kepada Sa`ad, “Perbaiki makanan yang engkau makan niscaya engkau menjadi orang yang doanya mudah dikabulkan.” (HR. Thabrani)

Ketiga, keturunan orang yang menjaga mutu makanan yang dikonsumsi dapat melahirkan keturunan yang shalih-shalihah. Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dalam bukunya Al Ghun-yah, mengatakan, “Bila telah tampak tanda kehamilan pada diri seorang perempuan hendaklah suaminya betul-betul menjaga kebersihan makanannnya dari hal yang haram atau syubhat agar anak itu tidak ada jalan bagi setan untuk masuk dalam penciptaannya.”
04/06/12

Obat Herbal

ENGOBATAN PUSING, BATUK, DEMAM,SARIAWAN Herbal
1. Sakit kepala karena pilek.
    Bahan yang digunakan
-    Jahe, 1 ibu jari.
-    Gula jawa, secukupnya.
-    Air mendidih, 1 gelas.
    Cara membuat :
-    Jahe dibakar, dimemarkan,
-    kemudian diseduh dengan air diminum.
    Cara pemakaian :
-    Diminum banyak – banyak.

2. Batuk tanpa demam pada orang dewasa.
    Bahan yang digunakan :

-    Jeruk nipis, 1 buah.
-    Kecap / madu, secukupnya.

    Cara membuat :

-    Jeruk nipis diris menjadi 3 potong,
-    diperas airnya kedalam gelas,
-    tambahkan madu / kecap sama banyak dengan air jeruk nipis tsb.

    Cara pemakaian :

-    Dewasa : sehari 3x / 1 sdm.
-    Anak     :  sehari 3x / 1sdt.
3. Batuk tanpa demam pada anak terutama bayi :

    Bahan yang digunakan :

-    Bunga blimbing wuluh segar, 1 genggam
-     Adas, 5 butir
-    Gula batu, 1 sdm
-     Air, setengah gelas

    Cara membuat :

-    Campurkan bahan – bahan tsb,
-    dikukus dalam panci / rantang kecil tertutup selama beberapa jam,
-    campuran disaring, ditampung  dalam gelas.

    Cara pemakaian :

-    Diminum pagi hari sebelum makan.
-    Malam hari sebelum tidur.
4. Batuk  pada anak disertai pilek.

    Bahan yang digunakan :

-   Jeruk nipis, 1 buah.
-   Minyak kayu putih, secukupnya.
-   Kapur sirih, secukupnya.

    Cara membuat :

-   Jeruk nipis dipotong, sehingga terbenbentuk 1/3 bola.
-   Permukaan dalam dioles dengan kapur sirih secukupnya.
-    Kemudian dibakar dengan api kecil sampai kulitnya terlihat layu.
-     tetesi dengan beberapa minyak kayu putih.

    Cara pemakaian :

-     Peras air jeruk nipis langsung ketenggorokan.
-     Dan bekasnya dioleskan / dilumurkan pada leher dada dan punggung.
5. Sariawan
Resep I :

    Bahan yang digunakan :

-    Daun saga segar, 2 genggam.
-    Air, 4 gelas.

    Cara membuat :

-    Daun saga direbus dengan air, sampai air tinggal 2 gelas.

    Cara pemakaian :

-    Diminum pada waktu siang hari sedikit demi sedikit sampai habis 2 gelas.
Resep II :

    Bahan yang digunakan :

-    Daun sirih segar ,1o lembar.
-    Air bersih, 3 gelas.

    Cara membuat :

-    Daun sirih direbus dalam panci tertutup selama kurang lebih 1/2 jam.

    Cara pemakaian :

-    Air rebusan daun sirih yang masih hangat digunakan untuk kumur – kumur.
6.  Demam
Resep I :

    Bahan yang digunakan :

-    Jeruk nipis, 1 buah.
-    Bawang merah, 3 biji.
-    Minyak kelapa, 1 sdm.
-    Garam sedikit.

    Cara membuat :

-    Jeruk nipis diperas airnya, bawang merah diparut dengan  parut yang dilapisi daun,
-    perasan jeruk nipis, parutan bawang merah ditambah garam, dan minyak kelapa, dicampur.

    Cara pemakaian :

-    Dikompreskan diubun – ubun.
Resep II :

    Bahan yang digunakan :

-   Telur ayam (diambil kuningannya), 1 butir.
-    Madu, 1 sedok makan.
-    Kunyit, 1 ibu jari.

    Cara membuat :

-    Kunyit diparut dengan parut yang dilapisi daun,
-     kemudian diperas, air hasil perasan diaduk dengan kuning telur dan madu.

    Cara pemakaian :

-      Sehari diminum 1x, tiap kali ramuan.
7. Demam yang disertai susah kencing
Resep I :

    Bahan yang digunakan :

-    Kelapa hijau muda, 1 buah.

    Cara pemakaian :

-    Air kelapa hijau diminum secukupnya.
Resep II :

    Bahan yang digunakan :

-    Daun sambiloto segar, 1 genggam.
-     Belerang, sedikit.

    Cara membuat :

-     Campuran ditumbuk sampai halus dan rata.

    Cara pemakain :

-     Ditempelkan pada kulit yang sakit.
Resep III :

    Bahan yang digunakan :
-    Daun sendok segar,1 genggam.
-    Daun sambiloto segar, secukupnya.
-    Air , 2 gelas.
    Cara membuat :
Campuran ramuan tersebut didihkan sampai diperoleh 1 gelas kemudian disaring.
    Cara pemakaian :

Sehari diminum 1x , tiap kali 1 gelas.

Apa sih Bekam?

Apa itu Bekam?
    Bekam adalah sebuah therpy pengobatan dan pencegahan penyakit dengan cara mengeluarkan darah kotor, beracun, mati dan berpenyakit dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.
    Dari mana asalnya Bekam?
    Bekam berasal dari timur tengah sejak zaman kenabian. Praktek bekam telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu.
    Siapa saja yang boleh dibekam?
    Siapa saja boleh dibekam dengan pengecualian secara umum sebagai berikut:
    - Anak-anak dibawah 9 tahun.
    - Orang tua yang sudah sangat lemah.
    - Yang memiliki tekanan darah rendah dibawah 90/70.
    - Yang memiliki penyakit diabetes yang sudah menimbulkan gangren.
    - Sedang demam tinggi.
    - Wanita hamil.
    - Wanita sedang menstruasi.
    Kenapa Bekam dikatakan sebaik-baik pengobatan?
    Pengobatan dengan therapy bekam merupakan tindakan pengobatan prefentif dan kuratif. Secara langsung mengeluarkan penyakit, membersihkan dan meningkatkan kualitas serta mlancarkan sirkulasi darah didalam tubuh. Dengan demikian sistem imunitas tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih kebal/tahan dari serangan-serangan berbagai macam penyakit.

    Disamping itu, Rasulullah SAW juga menyatakan dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Ahmad bahwa “Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan hijamah (bekam)”
    Apakah non muslim boleh dibekam?
    Islam ataupun Rasulullah SAW tidak pernah melarang siapapun untuk berbekam. Kesehatan adalah hak setiap manusia, apakah muslim atau bukan.
    Apa alat yang digunakan untuk therapy Bekam?
    Peralatan yang kami (Klinik Sehat Al Qanun) gunakan adalah peralatan yang sudah memenuhi standar peralatan kesehatan modern. Umumnya peralatan yang digunakan bersifat disposal (sekali pakai buang). Dan untuk alat yang dipakai secara berulang (cupping set) akan disterilkan dengan proses sterilisasi standar kesehatan modern.
    Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan therapy Bekam?
    Hampir semua penyakit InsyaAllah bisa disembuhkan dengan therapy Bekam.
    Dan yang paling banyak merasakan manfaatnya adalah penderita penyakit sebagai berikut:
    - Kolesterol tinggi.
    - Tekanan darah tinggi.
    - Jantung.
    - Asam urat.
    - Migrain/sakit kepala.
    - Stroke.
    - Diabetes.
    - Masalah mata.
    - Rematik.
    - Asma.
    - Leher/pundak kaku/kecapekan.
    - Mudah masuk angin.
    - Kaki kesemutan.
    - Kaki bengkak.
    - Hati/Liver.
    - Vertigo.
    - Kegagalan suntik silikon yang menyebabkan bengkak.
    Berapa lama waktunya therapy Bekam?
    Therapy bekam akan memakan waktu 30 – 90 menit, tergantung kondisi dan penyakit yang diderita pasien.
    Apakah boleh sering-sering dibekam?
    Seberapa sering boleh dibekam tergantung kondisi penyakit pasien. Untuk therapy bekam pemeliharaan kesehatan dianjurkan 1 bulan sekali.
    Apakah betul bekam disunnahkan oleh Rasulullah SAW?
    Rasulullah dalam riwayatnya berbekam secara berkala sekitar 3 bulan sekali. Dan Rasulullah pernah dibekam dipuncak kepala ketika disihir oleh dukun yahudi.
    Saya ingin belajar menjadi therapist Bekam, dimanakah tempat pelatihannya?
    Anda bisa menghubungi Griya Terapi Sehat (dibawah  bendera “Bekam Sehat International”) untuk belajar menjadi terapis bekam .
    Mana yang lebih baik berbekam dengan pisau atau jarum?
    Mana yang lebih baiknya relatif, tergantung dari kualitas therapy yang dilakukan. Tetapi secara umum menggunakan jarum dengan tepat sangat efektif untuk mengeluarkan darah kotor.
    Apakah ada kemungkinan malpraktek pada saat therapy Bekam?
    Malpraktek bisa terjadi dimana saja, termasuk pada saat therapy bekam. Tetapi malpraktek pada bekam sangat jarang terjadi karena proses therapy bekam hanya beberapa mikron dibawah permukaan kulit.
Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami – Apa itu sinusitis ? Sinusitis bisa dibagi menjadi 2 kata yaitu Sinus atau sering disebut sinus paranasalis dan itis. Sinus merupakan rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang berfungsi untuk memperingan tulang tenggkorak, sedangkan itis berarti peradangan.

Jadi sinusitis adalah suatu peradangan di daerah sinus paranasal. Ada empat sinus yang ada di sekitar rongga hidung yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi). Namun yang sering terkena radang adalah Sinus Maksila dan Sinus Frontalis.

~      Tipe Sinusitis

    Berdasarkan lamanya penyakit:

- Sinusitis akut: kurang dari 30 hari
- Sinusitis subakut: antara 1 bulan sampai 3 bulan
- Sinusitis khronis: lebih dari 3 bulan

    Berdasarkan jenis peradangan:

- Sinusitis infeksi: biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri
- Sinusitis non infeksi: Besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia

~    Penyebab Sinusitis

    Infeksi virus. Sinusitis akut bisa terjadi setelah suatu infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas (misalnya pilek).
    Bakteri. Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menimbulkan penyakit (misalnya Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae). Jika sistem pertahanan tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang biak dan menyusup ke dalam sinus, sehingga terjadi infeksi sinus akut.
    Infeksi jamur. Kadang infeksi jamur bisa menyebabkan sinusitis akut. Aspergillus merupakan jamur yang bisa menyebabkan sinusitis pada penderita gangguan sistem kekebalan. Pada orang-orang tertentu, sinusitis jamur merupakan sejenis reaksi alergi terhadap jamur.
    Dapat juga disebabkan oleh radang ditempat lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan , radang Amandel , radang pada gigi geraham atas ,kadang juga disebabkan karena berenang , menyelam , trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat)
    Allergi dapat memperberat penyakit ini ,sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus ini.
    Adanya sumbatan di daerah rongga hidung seperti polip, tumor, benda asing, pembesaran tulang konka hidung dan tulang hidung bengkok.
    Pengaruh lingkungan, seperti udara dingin, udara panas, asap polusi, bau-bauan.
    Pada perenang, air sering masuk ke rongga hidung.
    Trauma (fisik maupun tekanan / barotrauma), menyebabkan perdarahan pada sinus.
    Infeksi pada gigi geraham (1,2,3) atas kiri dan kanan, infeksi yang berat dan lama dapat menembus sampai rongga sinus maksilaris (pipi).
Sebelum menjelaskan cara menghilangkan jerawat secara alami ada baiknya kita memahami pengertian jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang, seorang peneliti masalah jerawat yang bernama Klingman menyatakan bahwa tidak satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat.
Pada umumnya jerawat menyerang daerah wajah namun jerawat juga dapat menyerang anggota tubuh lainnya seperti leher, dada, lengan, ketiak bahkan hingga pada bagian pinggang. Meskipun jerawat tidak berbahaya tapi hal ini tentunya sangat mengganggu penampilan seseorang bahkan lebih jauh dapat mengurangi rasa percaya diri itulah sebabnya berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan jerawat

Apa Saja Penyebab Jerawat & Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat

Timbulnya jerawat dapat disebabkan beberapa faktor :
Pertama, produksi minyak berlebihan. Produksi minyak yang berlebihan ini menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit
Kedua, Sel kulit mati : karena banyaknya kelenjar minyak yang berlebih dan bercampur dengan sel kulit mati maka akan membentuk penyumbat pada pori-pori wajah yang menjadi bintik hitam atau putih
Ketiga, Bakteri : yang membuat masalah semakin rumit yaitu kadar minyak dikulit berkolaborasi dengan bakteri ( p.acne ) berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat dan menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya lalu kemudian pecah dan meradang dan menyebarjan radang ke kulit daerah sekitarnya

Cara Mengatasi Jerawat | Cara Menghilangkan Jerawat

Cara mengatasi jerawat memang perlu menjadi perhatian dan tidak boleh melakukan sembarangan seperti menggaruk, memencet jerawat atau membiarkannya kering secara alami dan kemudian mengeluarkan isi jerawat sesaat setelah kering. Oleh karena itu anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah jerawat terutama yang timbul pada bagian wajah anda.
Bagi anda yang ingin mengatasi jerawat ada dua pilihan yaitu dengan cara menghilangkan jerawat secara alami (tradisional) ataupun dengan cara modern seperti yang disediakan pada pusat perawatan wajah.
Tips pencegahan agar anda terhindar dari masalah jerawat adalah :
  1. Menjaga kebersihan kulit wajah : Menjaga kebersihan muka akan menghindarkan kita dari bakteri penyebab jerawat yang banyak menempel pada wajah. Bersihkan wajah sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan sabun khusus pembersih wajah dan air hangat
  2. Perbanyak minum air putih agar kulit lebih elastis  dan tentunya aga proses metabolisme melalui kulit (keringat) lebih baik.
  3. Kurangi makanan berlemak, termasuk gorengan dan minuman beralkohol
  4. Perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran ( bayam, daun bawang, wortel, daun melinjo) dan juga buah-buahan (pisang, tomat, jeruk, nanas, mentimun dll ) hampir semua pakar perawatan kulit menyarankan mengkonsumsi bahan makana diatas Karena zat yang terkandung akan memicu kelenjar secaceous yang berfungsi untuk menghasilkan minyak
  5. Hindari menyentuh jerawat seperti menusuk dan memijit karena hal ini dapat menimbulkan infeksi dan meninggalkan bekas jerawat

polip

Apakah polip hidung termasuk penyakit tumor ?

Polip hidung merupakan daging tumbuh seperti tumor yang timbul di dalam salah satu rongga hidung atau keduanya. Penyakit polip hidung terjadi karena munculnya massa lunak yang mengandung banyak cairan di dalam rongga hidung, bewarna putih keabu-abuan yang terjadi akibat inflamasi mukosa seperti daging yang tumbuh dalam hidung. Karena bentuknya yang seperti daging yang tumbuh dalam hidung maka tak jarang polip hidung ini biasa juga disebut tumor hidung
Pada dasarnya  daging yang tumbuh dalam hidung itu merupakan pertumbuhan dari selaput lendir hidung yang bersifat jinak. pembentukan selaput lendir tersebut berkaitan erat dengan berbagai masalah penyakit THT  (telinga,hidung,tenggorokan) lainnya seperti rinitis alergi, asma, radang kronis pada mukosa hidung-sinus paranasal, kista fibrosis, intoleransi pada aspirin.  Hal ini menunjukkan bahwa penyakit polip hidung bukanlah penyakit yang murni berdiri sendiri.

Faktor penyebab polip hidung

Polip hidung biasanya tumbuh di daerah dimana selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan, seperti daerah di sekitar lubang sinus pada rongga hidung. pada awalnya polip yang terbentuk akan tampak seperti air mata dan semakin lama akan berubah bentuk seperti daging yang tumbuh berwarna keabu-abuan, pertumbuhan selaput lendir tersebut akan berakibat seringnya terjadi penyumbatan hidung yang berefek pada penurunan fungsi indera penciuman pada penderita polip hidung. Pada kasus lain penyumbatan dapat terjadi pada saluran lendir dari sinus ke hidung, bila hal ini terjadi akan menyebabkan tertimbunnya lendir dalam sinus yang berpotensi menimbulkan infeksi dan akhirnya menyebabkan terjadinya sinusitis.
Hingga saat ini para pakar belum menemukan jawaban yang pasti tentang hal apa saja yang menjadi pemicu munculnya  pertumbuhan dari selaput lendir berupa benjolan putih keabu-abuan bertangkai itu. Akan tetapi dari studi dan pengamatan medis, telah ditemukan ada beberapa faktor yang yang menjadi pertumbuhan selaput lendir tersebut yaitu radang kronis yang berulang pada mukosa hidung dan sinus paranasal, gangguan keseimbangan vasomotor, peningkatan cairan interstitial dan oedema (pembengkakan) mukosa hidung, faktor penyebab lainnya adalah :
  • Sinusitis (radang sinus) yang menahun.
  • Reaksi hipersensitif atau reaksi alergi pada mukosa hidung yang berlangsung lama
  • Sumbatan hidung karena kelainan anatomi sehingga mempersempit rongga pada hidung
  • Adanya pembesaran pada konka.
  • Iritasi

Gejala Polip hidung

  • Mudah merasakan sakit kepala
  • Hidung tersumbat yang menetap dan selalu terasa akan adanya lendir pada sinus hidung.
  • Sering mengeluarkan lendir dari hidung seperti gejala influenza
  • Daya penciuman menurun.
  • Rongga sering hidung terasa gatal dan sering bersin.
  • Mata berair sebab alergi.
Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat vitamin dimana vitamin merupakan zat esensial yang diperlukan tubuh. Secara umum fungsi vitamin dapat membantu kelancaran penyerapan zat gizi dan proses metaboliseme tubuh. Bila tubuh mengalami kekurangan vitamin (avitaminosis) maka kesehatan tubuh dapat menjadi terganggu.
manfaat vitamin fungsi vitamin

manfaat vitamin & fungsi vitamin

Mengingat manfaat vitamin dan fungsi vitamin sangat penting, maka sangat dianjurkan dan diperlukan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan nilai gizi yang cukup sebagai asupan harian yang diperlukan tubuh kita. Untuk penggunaan vitamin dalam merawat kesehatan anda dapat mengikuti aturan Jumlah kecukupan asupan vitamin per hari  seperti yang ditentukan oleh RDA (Recomended Daily Allowance).

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran atau dalam bentuk olahan asupan vitamin juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suplemen makanan ,  namun perlu diingat bahwa asupan vitamin tidak boleh berlebihan karena bila asupan vitamin berlebih dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh
Fungsi Vitamin & Manfaat Vitamin Untuk Immunitas

Ada 13 macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat),  masing-masing memiliki manfaat dan fungsi  yang berbeda. Manfaat vitamin dan fungsi vitamin antara satu dengan yang lainnya tidaklah sama ada yang berfungsi sebagai koenzim dan ada juga yang berfungsi sebagai biokatalisator. Meskipun Tubuh hanya membutuhkan vitamin dalam jumlah sedikit saja namun jika kebutuhan akan vitamin ini terabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsi vitamin tidak dapat tergantikan oleh senyawa lainnya

Beberapa vitamin tertentu bila diberikan dalam dosis tinggi mempunyai efek antioksidan yang membantu sistem immunitas tubuh dalam menetralkan racun yang berasal dari radikal bebas dan kuman penyakit. Beberapa vitamin lain mempunyai efek penyembuhan sebagai kebalikan dari defisiensi yang terjadi akibat kekurangan vitamin tersebut
Berolahraga memang sangat penting terutama untuk meningkatkan metabolisme dan melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga dapat memberikan kebugaran dan kesehatan tapi kenyataannya banyak orang telah berupaya melakukan olahraga untuk mengecilkan perut, membakar lemak ataupun untuk mendapatkan berat badan yang ideal karena menurut mereka dengan berolahraga akan mempercepat metabolisme sehingga terjadi pembakaran lemak dalam tubuh. Anggapan seperti itu memang tidaklah salah yang perlu diperhatikan adalah kapan waktu berolahraga yang tepat untuk membakar dan menghilangkan lemak.
Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa disaat perut kosong maka sumber energinya tidak ada sehingga yang terjadi badan menjadi lemas dan malas untuk berolahraga. Sebenarnya waktu yang tepat untuk olahraga dengan tujuan membakar lemak justru disaat perut kosong biasanya di waktu pagi dimana persediaan karbohidrat sebagi penghasil gula darah menipis sehingga lemak akan digunakan sebagai sumber tenaga.
Olahraga yang baik dilakukan di waktu pagi adalah olahraga yang sifatnya ringan seperti aerobic, dancing, treadmill, renang dan sit-up dan di sore hari disarankan untuk olah raga dengan mengangkat beban untuk membakar karbohidrat lalu kemudian diakhiri dengan olahraga ringan seperti diatas untuk membakar lemak.

Tips dan cara mengecilkan perut buncit

Berikut ini tips cara mengecilkan perut buncit dan menghilangkan lemak perut untuk menurunkan berat badan anda
  1. Lakukan olahraga mengecilkan perut secara teratur diwaktu pagi dan sore, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan olahraga karidovascular atau tambahkan gerakan-gerakan seperti : knee circle, side chop, upper body crunch, back extension (Mintalah bantuan pada instruktur fitness anda untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut)
  2. Ikuti program diet kalori khusus untuk merampingkan perut dengan menjaga konsumsi kalori tidak melebihi 1600 kalori
  3. Konsumsi lemak dengan lemak terbaik seperti yang terkandung pada minyak zaitun, alpukat, cokelat hitam dan kacang (monounsaturated fat-MUFA)
  4. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung serat probiotik untuk memperlancar proses pencernaan
  5. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk memperlancar proses metabolisme
  6. Hindari makanan junk food yang banyak mengandung gula, tepung terigu serta minuman bersoda  dan beralkohol
  7. Minum teh herbal yang berfungsi untuk detoxifikasi dan membantu meningkatkan metabolisme
  8. Atur Menu Makanan sesuai saran diatas
  9. Tambahkan Suplemen atau makanan nutrisi selama menjalankan program diet agar stamina dan vitalitas tetap terjaga
  10. Lakukan senam yoga, tai chi atau pilates untuk menghindari stress yang akan menghambat program diet anda.

Berbekam merupakan salah satu cara mengurangi kadar angin pada tubuh yang sejak dulu telah digunakan.Berbekam juga dapat menyembuhkan al-akhlath (sumbatan-sumbatan)yang terjadi pada pembuluh limpatik.

Diriwayatkan dari Shuhaib ra., rasulullah Saw bersabda, "Berbekamlah ditengah tengkuk, karena hal tersebut dapat menyembuhkan 72 macam penyakit".
Inilah salah satu titik bekam yang disunahkan. Dan titik ini yang pertama kali diteliti oleh perguruan tinggi Fask di Jerman dan Cupping di Amerika.

Setelah melakukan penelitian yang cukup lama, Ilmuan Jerman sampai pada kesimpulan bahwa bagian tengah tengkuk merupakan tempat mengalirnya kelenjar lendir dan di tengah tengkuk terdapat 72 hormon dari kelenjar lendir yang di salurkan ke kelenjar tubuh lainnya serta kelenjar telinga. Karenanya ketidakseimbangan pada hormon apa pun akan menyebabkan munculnya penyakit. Bekam yang di lakukan di tengah tengkuk akan menyembuhkan 72 macam penyakit.

Hal tersebut di teliti oleh tiga orang ilmuan perguruan Fask Jerman selama enam bulan. Padahal, jauh sebelumnya, tepatnya 14 abad lebih yang lalu, Rasulullah Saw telah menyebutkan mengenai hal itu.

Allah SWT berfirman :
QS. Al-Mulk : 14 wrote:“Apakah Dia (Allah) yang menciptakan itu tidak tahu, sedangkan Dia adalah Maha Halus, lagi Maha Mengetahui?”
QS. An-Najm: 3-4 wrote:“Dan tidaklah yang diucapkannya (Rasulullah SAW) itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).”



1).
“… Barang yang di halalkan oleh Allah dalam kitab-Nya adalah halal, dan barang yang diharamkan oleh Allah dalam kitab-Nya adalah haram. Dan sesuatu yang tidak dilarang-Nya, mak barang itu termasuk yang diafkan-Nya, sebagai kemudahan bagi kamu.”(HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi) Fiqih sunnah oleh Sulaiman Ar Rasyid).
2).

“Dan makanlah makan yang halal lagi bik dari apa yang Allah telah telah berikan rezekinya kepadmu bertaqwalah pada Allah yang kamu beriman pada-Nya.”(QS. Al Maidah : 88).
3).

“Dia telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagian menjadi minuman dan sebagainnya (menyuburkannya) tumbuhan-tumbuhan yang ada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.”(QS.An Nahl : 10)
4).

“Wahai orang beriman sesungguhnya arak 9khimar), berjudi, qurban untuk berhala, undian dengan panah adalah dosa dan termasuk perbuatan syaitan, maka juhilah agar kamu mendapat keberuntungan (QS.Al Maidah :90)
6).
“Sesungguhnya Sa’ad Ibnu Ubayyin mohon pada Rosulullah SAW agar didoakan kepada Allah supaya doanya diterima (mustajab), maka beliau bersabda kepadanya : “Perbaiki makanan, niscaya diterima doa-doamu “(HR. Tabrani)
7).

“Maka makanlah rezeki yang halal lagi suci yang telah diberikan Allah pada kamu…”(QS. An Nahl :114)
D). Pengertian Makanan dan Minuman Haram
Banyak terjadi salah sangka dari masyarakat bahwa menjari rezeki yang haram saja sulit, apalagi yang halal. Hal itu malah memicu banyak kesalahapahaman tentang halal dan haram suatu rezeki. Akhirnya, banyak masyarakat menghalalkan segala cara untuk mencari rezeki, padahal belum tentu halal. Kita sebagai orang bertaqwa hendaknya menghindari hal itu dengan banyak mempelajari Al Qur’an dan Hadist tentang pengertian halal dan haram.
1). Makanan Yang Diharamkan
Makanan yang diharamkan agama, yaitu makanan dan minuman yang diharamkan di dalam Al Qur’an dan Al Hadist, bila tidak terdapat petunjuk yang melarang, berarti halal.
Haramnya makanan secara garis besar dapat dibagi dua macam :
a). Haram aini, ditinjau dari sifat benda seperti daging babi, darang, dan bangkai. Haram karena sifat tersebut, ada tiga :
1). Berupa hewani yaitu haramnya suatu makanan yang berasal dari hewan seperti daging babi, anjing, ulat, buaya, darah hewan itu, nanah dll.
2). Berupa nabati (tumbuhan), yaitu haramnya suatu makanan yang berasal dari tumbuhan seperti kecubung, ganja, buah, serta daun beracun. Minuman buah aren, candu, morfin, air tape yang telah bertuak berasalkan ubi, anggur yang menjadi tuak dan jenis lainnya yang dimakan banyak kerugiannya.
3). Benda yang berasal dari perut bumi, apabila dimakan orang tersebut, akan mati atau membahayakan dirinya, seperti timah, gas bumi. Solar, bensin, minyak tanah, dan lainnya.
b). Haram sababi, ditinjau dari hasil usaha yang tidak dihalalkan olah agama. Haram sababi banyak macamnya, yaitu :
1). Makanan haram yang diperoleh dari usaha dengan cara dhalim, seperti mencuri, korupsi, menipu, merampok, dll.
2). Makanan haram yang diperoleh dari hasil judi, undian harapan, taruhan, menang togel, dll.
3). Hasil haram karena menjual makanan dan minuman haram seperti daging babi, , miras, kemudian dibelikan makanan dan minuman.
4). Hasil haram karena telah membungakan dengan riba, yaitu menggandakan uang.
5). Hasil memakan harta anak yatim dengan boros / tidak benar.
2). Minuman Yang Diharamkan
Pada prinsipnya segala minuman apa saja halal untuk diminum selama tidak ada ayat Al Qur”an dan Hadist yang mengharamkannya. Bila haram, namun masih dikonsumsi dan dilakukan, maka niscaya tidak barokah, malah membuat penyakit di badan.
Minuman yang haram secara garis besar, yakni :
a). Berupa hewani yang haramnya suatu minuman dari hewan, seperti darah sapi, darah kerbau, bahkan darah untuk obat seperti darah ular, darah anjing, dan lain-lain.
b). Berupa nabati atau tumbuhan seperti tuak dari buah aren, candu, morfin, air tape bertuak dari bahan ubi, anggur telah bertuak, dan lain sebagainya.
c). Berupa berasal dari perut bumi yaitu : haram diminum sepeti solar, bensin, spiritus, dan lainnya yang membahayakan.


Manfaat Bekam.

Bekam pada umumnya adalah untuk meringankan gangguan pada organ dan syaraf bila di-bekam pada tempat gangguan, terutama karena gangguan kelebihan darah atau darah kotor atau kedua-duanya. Titik-titik bekam yang disukai Rasulullah SAW, yaitu :.

Bekam atas dua urat leher : Mencegah sakit kepala. Mencegah sakit di wajah. Mencegah sakit gigi. Mencegah sakit telinga. Mencegah sakit hidung. Mencegah sakit kerongkongan. .

Bekam pada tengkuk / kuduk : Mencegah tekanan darah pada tengkuk. Mengatasi rabun. Mengatasi benjolan di mata. Mengatasi rasa berat pada alis dan kelopak mata. Mengatasi penyakit mata lainnya. Mengobati lepra. Mengobati berbagai macam penyakit. Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim bahwa : "Rasulullah SAW pernah menggunakan hijamah (bekam) atas tiga bagian tubuh, bagian atas tulang belakang dan atas dua urat leher." . .

Bekam pada pelipis : Mengobati sakit kepala. Mengobati sakit di wajah. Mengobati sakit telinga. Mengobati sakit hidung. Mengobati sakit kerongkongan. Bekam pada pundak : Mengobati penyakit di pundak. Mengobati sakit di leher. Diriwayatkan dalam Shohih Bukhori dan Muslim dari Ibnu Abbas r.a., bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam sebanyak 3 kali pada 2 pelipis dan pundaknya. Bekam di atas pinggul : Menghilangkan pegal-pegal. Menghilangkan kelelahan. Dalam Sunan Abu Dawud disebutkan dari hadist Jabir bahwa Rasulullah SAW pernah melakukan bekam di bagian atas pinggulnya karena sakit pegal-pegal yang dideritanya. Bagian lain tubuh boleh di-bekam sesuai tempat sakitnya selama bukan area yang dilarang di-bekam. Haruskah sebulan sekali kita di-bekam ? Jika kita ingin terbebas dari gangguan penyakit yang diakibatkan darah kotor atau sebagai tindakan penjagaan dan kewaspadaan kita terhadap penyakit, maka sangat baik bekam dilakukan sebulan sekali. Dan agar tubuh kita lebih sehat lagi, maka lebih baik setiap hari kita minum Habbatussauda dan Madu . .

WAKTU PALING BAIK UNTUK BERBEKAM

Sebaiknya berbekam dilakukan pada pertengahan bulan, karena darah kotor berhimpun dan lebih terangsang (darah sedang pada puncak gejolak). Anas bin Malik r.a. menceritakan bahwa : "Rasulullah SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya.Beliau melakukannya pada hari ketujuhbelas, kesembilanbelas atau keduapuluhsatu." (Diriwayatkan oleh Ahmad). .Pemilihan waktu bekam adalah sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan dan penjagaan diri terhadap penyakit. Adapun untuk pengobatan penyakit, maka harus dilakukan kapan pun pada saat dibutuhkan. Dalam hal ini Imam Ahmad melakukan bekam pada hari apa saja ketika diperlukan. Hal ini berdasarkan ucapan Rasulullah SAW :

"Jangan sampai mengalami ketidakstabilan darah, karena itu bisa mematikan."

Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-3 jam sebelumnya. .

Larangan Berbekam.

Orang tua renta yang sakit tanpa daya dan upaya. Penderita tekanan darah sangat rendah (dianjurkan minum habbatussauda). Penderita sakit kudis. Penderita diabetes mellitus . Perut wanita yang sedang hamil. Wanita yang sedang haid. Orang yang sedang minum obat pengencer darah. Penderita leukemia, thrombosit, alergi kulit serius. Orang yang sangat letih / kelaparan / kenyang / kehausan / gugup. Anggota bagian tubuh yang tidak boleh di-bekam : Mata, telinga, hidung, mulut, puting susu, alat kelamin, dubur. Area tubuh yang banyak simpul limpa. Area tubuh yang dekat pembuluh besar. Bagian tubuh yang ada varises, tumor, retak

tulang, jaringan luka. Imam asy-Syuyuthi menukil pendapat Ibnu Umar, bahwa berbekam dalam keadaan perut kosong itu adalah paling baik karena dalam hal itu terdapat kesembuhan. Maka disarankan bagi yang hendak berbekam untuk tidak makan-makanan berat 2-3 jam sebelumnya. . .

Jenis Bekam.

Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah), yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering ini berkhasiat untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik, juga penyakit-penyakit penyebab kengerian punggung. Bekam kering baik bagi orang yang tidak tahan suntikan jarum dan takut melihat darah. Kulit yang di-bekam akan tampak merah kehitam-hitaman selama 3 hari. Dan Insya Allah sangat baik diolesi minyak Habbassauda untuk menghilangkan tanda lebam pada kulit yang selesai di-bekam.

Bekam basah (Hijamah Rothbah), yaitu pertama kita melakukan bekam kering, kemudian kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam (lancet), silet atau pisau bedah lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Lamanya setiap hisapan 3 sampai 5 menit, dan maksimal 9 menit, lalu dibuang darah kotornya. Penghisapan tidak lebih dari 7 kali hisapan. Darah kotor berupa darah merah pekat dan berbuih. Insya Allah bekasnya (kulit yang lebam) akan hilang 3 hari kemudian setelah diolesi minyak Habbatussauda. Dan selama 3 jam setelah di-bekam, kulit yang lebam itu tidak boleh disiram air. Jarak waktu pengulangan bekam pada tempat yang sama adalah 3 minggu

Alat Bekam.

Ketika Rasulullah SAW melakukan bekam, beliau menggunakan kaca yang berupa cawan atau mangkuk. Dengan demikian jelaslah sudah bahwa teknik bekam dan peralatannya sudah ada dan dipraktekkan sendiri oleh Rasulullah. Pada zaman China kuno, bekam disebut sebagai "pengobatan tanduk" karena tanduk menggantikan kaca. Pada abad ke-18, orang-orang di Eropa menggunakan lintah sebagai alat untuk berbekam . .

Kini peralatan yang digunakan sebanding dengan perubahan zaman, dan teknologi tinggilah yang diakui dan digunakan dalam pengobatan berbekam oleh para dokter di rumah sakit. . . .

Peralatan bekam yang digunakan oleh team Bekam: Penghisap (hand pump). Mangkuk (cupping set). Pena Jarum (lancet device). Silet Antiseptik (bahan sterilisasi seperti alkohol). Sarung tangan kesehatan (rubber gloves) .
Bahaya Rokok bagi kesehatan dan cara berhenti merokok, Rokok adalah benda berbentuk silinder kecil yang dalamnya berisi tembakau yang telah di campur dengan bahan-bahan lain. Rokok dibakar pada ujungnya untuk kemudian dihisab asapnya dan dibuang lagi. Rokok sudah ada sejak jaman dulu, dan sekarang rokok sudah sangat marak. Kadang orang kurang sadar tentang Bahaya rokok, sehingga mereka merokok dengan enak dan santai kapanpun mereka sempat. Sebenarnya banyak cara berhenti merokok, akan tetapi jika didalam hati sang perokok tersebut belum benar-benar niat untuk berhenti,pasti akan kembali merokok lagi.Bahaya Rokok
Bahaya Rokok bagi kesehatan

Hidup sehat sebenarnya gampang dan murah,akan tetapi kadang menjadi sebuah hal yang mahal jika kita tak mau menjaganya. Dan ketika kita sakit, barulah kita sadar akan pentingnya kesehatan. Begitu juga dengan kebiasaan merokok kita sehari-hari. Kita aka merasa rugi jika kita sudah merasakan akibat dari merokok. Bahaya Rokok bagi kesehatan akan terasa jika kita sudah terlalu lama merokok. Aapa saja bahaya merokok?

Menurut penelitian seseorang yang menghisap rokok setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker laring, paru-paru, kerongkongan, rongga mulut, gangguan pembuluh darah, gangguan kehamilan dan sakit jantung. Menurut riset seseorang yang secara rutin merokok 3 hingga 4 batang sehari, delapan kali lebih beresiko terkena kanker mulut jika dibandingkan orang yang tidak merokok. Bahkan hasil terbaru menunjukkan bahwa dalam perkembangannya merokok akan mengakibatkan kanker pankreas.

Setiap tahun frekuensi penderita penyakit kronis akibat rokok semakin meningkat. Meskipun banyak riset dan bukti otentik bahwa merokok ibarat bom waktu yang bisa merusak kesehatan. Ini dikarenakan rokok memunculkan rasa kecanduan. Di dalam rokok terkandung sebuah zat yang bernama nikotin. Zat ini bisa menimbulkan efek santai dan inilah yang membuat kebiasaan merokok sulit untuk ditinggalkan.

    Asap Rokok mengandung 40 bahan kimia penyebab kanker, dan penyakit lainnya.
    Ketika merokok,beberapa bahan kimia akan menjelajah ke organ vital tubuh .
    Asap rokok juga mengandung Karbon Monoksida yang jika dihirup akan menggantikan fungsi Oksigen di sel – sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung, otak, dan organ tubuh lain.
    Di dalam rokok terdapat Nikotin. Nikotin ngerangsang zat kimia di otak yang mengakibatkan kecanduan. Zat kimia ini merangsang kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang mengganggu jantung akibat tekanan darah dan denyut jantung meningkat.

Cara berhenti merokok

Banyak cara agar kita bisa berhenti merokok. Tahapan pertama dan terpenting adalah niat yang besar serta sungguh-sungguh ingin berhenti merokok. Tanpa niat yang besar mustahil seseorang bisa berhenti merokok. Banyak mengaku diri perokok berat dan mengakui bahwa tekad mereka sangat besar untuk berhenti merokok. Namun ketika mereka keluar dan berkumpul kembali dengan teman-temannya yang merokok, keinginan itu muncul kembali. Inilah kenapa niat dan tekad itu yang paling penting ketika Anda ingin benar-benar berhenti merokok.

1. Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
2. Belajar membenci rokok
3. Bergaullah dengan orang yang tidak merokok
4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
6. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
7. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
8. Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit.
9. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
10. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
11. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
12. Coba dan coba lagi jika masih gagal.

Sebelum terlanjur, ayo mulai berhenti merokok. banyak cara agar kita bisa berhenti merokok. Tapi yang paling penting dan utama adalah ketahui bahaya merokok dan niat dengan kesungguhan hati kemudian cobalah tips-tips diatas. Jika belum berhasil, coba lagi dan lagi.

Manfaat buah pisang - Tulang Sehat
Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.
Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien
Manfaat buah pisang Sehat Ginjal
Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosis setiap tahun.
Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. Di antara buah-buahan, pisang secara khusus pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah dua risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran akar pisang dan banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial.

Manfaat buah pisang - Tekanan darah
Pisang sangat tinggi kalium (sekitar 4673mg), namun sangat rendah sodium (1mg), sehingga memiliki rasio yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Begitu banyak sehingga, US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
Morning Sickness
Ngemil pisang antara waktu makan membantu menjaga tingkat gula darah dan menghindari mual di pagi hari.
Merokok
Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Mereka mengandung vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium: zat-zat ini membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.
Ulkus
Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus kronik. Hal ini juga membantu mengurangi keasaman dan mengurangi iritasi. Pisang merangsang sel-sel pada lapisan perut internal untuk menghasilkan lendir tebal (yang melindungi terhadap asam). Selain itu, pisang mengandung inhibitor protease yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang telah menunjuk sebagai penyebab utama dari ulkus.


Saraf
Pisang mengandung vitamin B yang telah menunjukkan untuk memperbaiki fungsi saraf