03/06/12

Dalil Tentang Bekam

”Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian lakukan untuk mengobati penyakit adalah denagan melakukan bekam ”. (Shahih HR Abu Dawud No 3857, Ibnu Majah No. 3476, Al-Hakim No IV/410, dan Ahmad II/342, dari Abu Hurairah RA. Lihat Silsilah al Ahaadiits ash Shahiihah No 760)
” Sebaik-baik pengobatan penyakit adalah dengan melakukan bekam ” (Shahih HR Ahmad V/9, 15, 19 dan Al-Hakim IV/208 dari Samurah RA. Lihat Silsilah al Ahaadiits ash Shahiihah No 1053)
” Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda : ” Barang siapa yang ingin berbekam, hendaklah pada tanggal 17, 19, 21 (bulan Hijriyyah), maka akan menyembuhkan setiap penyakit ” (Shahih HR Abu Dawud No 3861, Al-Hakim IV/210, dan Al-Baihaqi X/340 dari Abu Hurairah RA. Lihat Silsilah al Ahaadiits ash Shahiihah No 622)
Ibnu ’Abbas RA berkata : ” Sesungguhnya hari yang paling baik bagimu untuk berbekam adalah hari ke-17, hari ke-19, hari ke-21 (bulan Hijriyyah)”. (Sunan At-Tirmidzi No 2053)
”Kesembuhan itu ada pada tiga hal, yaitu : dalam pisau pembekam, meminumkan madu, atau pengobatan dengan besi panas (kayy). Dan aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan besi panas ”. (Shahih HR Al-Bukhari No 5681. lihat Bab ” Beberapa manfaat madu” dalam zaadul ma’aad IV/50-62).
“Dari Salma, seorang pelayan Rasulullah bercerita, “Tidak seorangpun mengadukan rasa sakit di kepalanya kepada Rasulullah, melainkan beliau mengatakan, “Hijamah/Berbekamlah !”
“Abu Ubaid menuliskan dalam kitabnya “Garibul Hadits” melalui sanad Abdurahman bin Abi Laila, “Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam melakukan Hijamah/Bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika kena sihir”.
“Allah mewajibkan Shaum Ramadhan untuk membersihkan rohani dan Rosulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menyunahkan Hijamah/Bekam untuk membersihkan jasad” (Mutafaqun ‘alaih).
“Kalau dalam suatu dari apa yang kalian pergunakan untuk berobat adalah baik, maka hal itu adalah Hijamah/Bekam” (HR. Abu Daud).
“Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara : Minum madu, sayatan Hijamah/Bekam dan sedutan api, namun aku melarang umatku melakukan sedutan api” (HR. Bukhari).
“Hijamah/Berbekam itu berguna untuk mengobati setiap penyakit, ingatlah, sebab itu Berbekamlah kamu”(HR. Dailami).

0 komentar:

Posting Komentar