04/06/12

Berobat Sinusitis

Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami – Apa itu sinusitis ? Sinusitis bisa dibagi menjadi 2 kata yaitu Sinus atau sering disebut sinus paranasalis dan itis. Sinus merupakan rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang berfungsi untuk memperingan tulang tenggkorak, sedangkan itis berarti peradangan.

Jadi sinusitis adalah suatu peradangan di daerah sinus paranasal. Ada empat sinus yang ada di sekitar rongga hidung yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi). Namun yang sering terkena radang adalah Sinus Maksila dan Sinus Frontalis.

~      Tipe Sinusitis

    Berdasarkan lamanya penyakit:

- Sinusitis akut: kurang dari 30 hari
- Sinusitis subakut: antara 1 bulan sampai 3 bulan
- Sinusitis khronis: lebih dari 3 bulan

    Berdasarkan jenis peradangan:

- Sinusitis infeksi: biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri
- Sinusitis non infeksi: Besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia

~    Penyebab Sinusitis

    Infeksi virus. Sinusitis akut bisa terjadi setelah suatu infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas (misalnya pilek).
    Bakteri. Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menimbulkan penyakit (misalnya Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae). Jika sistem pertahanan tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang biak dan menyusup ke dalam sinus, sehingga terjadi infeksi sinus akut.
    Infeksi jamur. Kadang infeksi jamur bisa menyebabkan sinusitis akut. Aspergillus merupakan jamur yang bisa menyebabkan sinusitis pada penderita gangguan sistem kekebalan. Pada orang-orang tertentu, sinusitis jamur merupakan sejenis reaksi alergi terhadap jamur.
    Dapat juga disebabkan oleh radang ditempat lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan , radang Amandel , radang pada gigi geraham atas ,kadang juga disebabkan karena berenang , menyelam , trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat)
    Allergi dapat memperberat penyakit ini ,sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus ini.
    Adanya sumbatan di daerah rongga hidung seperti polip, tumor, benda asing, pembesaran tulang konka hidung dan tulang hidung bengkok.
    Pengaruh lingkungan, seperti udara dingin, udara panas, asap polusi, bau-bauan.
    Pada perenang, air sering masuk ke rongga hidung.
    Trauma (fisik maupun tekanan / barotrauma), menyebabkan perdarahan pada sinus.
    Infeksi pada gigi geraham (1,2,3) atas kiri dan kanan, infeksi yang berat dan lama dapat menembus sampai rongga sinus maksilaris (pipi).



~    Gejala Sinusitis

    Biasanya sinusitis tidak terjadi secara mendadak ,tapi sering didahului oleh gejala – gejala yang tidak khas misalnya

- Sering pilek -pilek yang bukan karena pilek atau allergi.
- Pilik-pilek ini biasanya berlangsung lama sehingga dianggap biasa oleh penderita.
Akhirnya penderita tidak menyadari bahwa dia telah terkena gejala sinusitis yang siap meradang setiap saat.

    Sakit kepala, nyeri pada daerah wajah
    Tidak enak badan, demam, letih, lesu, batuk, yang mungkin semakin memburuk pada malam hari.
    Wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan.
    Pada sinusitis karena alergi maka penderita juga akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti gatal pada mata, dan bersin bersin.
Pencegahan Sinusitis
Untuk mengurangi risiko sinusitis, jaga agar selaput lendir anda tetap sehat.

    Sering cuci tangan. Sabun dan air dapat membantu anda terhindar dari infeksi saluran pernapasan atas yang dapat mengifeksi anda dan menyebabkan sinusitis.
    Hindari hal yang mengganggu. Hindari rokok, cerutu dan rokok pipa. Itu semua dan polutan udara lainnya dapat menyebabkan membran sinus anda membengkak.
    Gunakan pelembab udara. Menambahkan pelembab udara pada udara dalam ruangan yang kering dapat membantu mencegah sinusitis – tapi jangan terlalu berlebihan. Kelembaban udara yang tinggi dapat memicu pertumbuhan jamur dan makhluk kecil dirumah anda. Yakinkan pelembab udara bersih dan jaga tetap bebas dari jamur.


Cara Mengobati Sinusitis secara Alami

1.      Cobalah Minuman Hangat.
Salah satu cara terbaik untuk menghentikan sinusitis adalah dengan minum banyak teh hitam, teh hijau dan tumbuhan yang tidak mengandung kafein. Atau cobalah makan sup ayam hangat setiap hari. Minumlah dalam jumlah yang banyak. Cairan hangat ini dapat membantu melembabkan membrane lendir, mempercepat gerakan cilia dan dapat mempercepat lendir keluar dari sinus dengan lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya tidak minum kopi terlebih dahulu.

2.      Kompreskan Air Hangat ke Wajah.
Lakukan hal ini sekitar 3 kali sehari setiap 5 menit. Celupkan handuk kecil ke dalam air hangat, lalu usapkan ke wajah bagian bawah dan di antara mata, hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi di sekitar sinus, dan juga dapat membantu mempercepat gerakan cilia.

3.      Cobalah Aromaterapi.
Untuk membantu membuka jalan napas dan sinus, masukkan beberapa tetes eucalyptus oil atau bisa juga minyak kayu putih ke dalam wajah berisi air hangat, kemudian tarik uapnya dan keluarkan. Penggunaan Vick’s Vaporub juga efektif. Berikan sedikit di kulit di bawah hidung. Aromaterapi lainnya yang juga berfungsi sebagai pelepas napas termasuk horseradish, cobalah juga Japanese wasabi mustard.

4.      Upayakan Kepala Anda Lebih Tinggi Aaat Anda Tidur.
Dengan mengangkat lebih tinggi kepala Anda dengan satu atau dua bantal, dapat membantu sinus Anda dan jalan pernapasan Anda tetap terbuka saat Anda tidur. Makin tinggi kepala Anda, makin baik pengaruhnya.

5.      Usahakan Kamar Tidur Anda Bebas Debu.
Debu dan Tungau dapat menyebabkan lemahnya membrane lendir, terutama ketika Anda tidur dan cilia Anda sedang beristirahat. Di tempat tidur, singkirkan dinding karpet, lipatan kain. Karpet sebaiknya dicuci setiap 6 minggu. Bersihkan tempat tidur dari debu sebaik mungkin. Bersihkan perabotan rumah tangga minimal setiap seminggu sekali.

6.      Tidur Cukup.
Jika Anda menderita sinusitis. Anda akan membutuhkan istirahat yang cukup. Yakinkan saat Anda tidur, mentalpun juga turut beristirahat. Matikan telepon, buat suasana senyaman mungkin agar Anda dapat tidur nyenyak. Sebaliknya, baca buku yang Anda suka, bersandar dan nikmati waktu Anda. Relaksasi dapat membuat tubuh Anda sehat.

Obat Herbal
Anda bisa mengobat sinusitis dengan cara begurah,dengan mengeluarkan cairan lendir yang mengganggu anda selama ini.hubungi saja kami disini

0 komentar:

Posting Komentar